KAOS SABLON

Semua manusia yang ada di belahan dunia ini pasti sudah tidak merasa asing dengan sebuah pakaian yang bernama kaos. Kaos ialah salah satu pakaian yang desainnya sederhana serta ringan dikenakan untuk tubuh bagian atas, ciri utamanya adalah mempunyai lengan pendek , yang juga sering dikenal dengan istilah T-shirt.  Pada  sebuah kaos rata rata di desain tanpa memakai kancing serta kerah, pada bagian lehernya berbentuk bulat. Pakaian dengan tampilan sederhana ini dapat digunakan dan oleh siapa saja mulai bayi hingga orang dewasa.

Sablon merupakan suatu  teknik untuk mencetak tinta diatas bahan dengan bentuk yang  dikehendaki atau diinginkan. Jadi kaos sablon intinya adalah salah satu pakaian atau baju yang beberapa bagiannya dicetak dengan menggunakan tinta. Kaos ini merupakan sebuah inovasi atau bahkan kreatifitas bagi semua orang yang sudah jenuh dengan kaos yang memiliki desain yang nyaris sama satu sama lain .

Salah satu alasan yang membuat semua orang gemar memakai kaos ini  karena pastinya nyaman, menyerap keringat, dan mampu meningkatkan rasa percaya diri karena jenis pakaian yang satu ini tak pernah termakan zaman. Tapi disamping itu semua kaos sablon juga memiliki fungsi lain , yakni :

1. Sebagai Media Promosi

Pada peluncuran suatu produk baru yang tentu saja bertujuan untuk mengupayakan publikasi besar-besaran kita pasti melihat semua orang pada launching acara tersebut mengenakan kaos sablon dengan logo produk yang bersangkutan. Jadi kaos dapat menjadi sarana promosi yang efektif.

2. Sebagai Media Promosi diskon dan bonus

Kaos sablon juga dapat menjadi sarana promosi langsung terhadap pelanggan tentang penawaran khusus yang diselenggarakan oleh suatu toko. Pelayan toko yang mengenakan kaos promosi akan memudahkan pelanggan untuk mendapatkan informasi tentang sale atau diskon.

3. Sebagai Hadiah

Kaos yang disablon dengan foto seseorang yang terkasih dapat menjadi hadiah yang lucu, unik, sekaligus mengesankan.

4. Sebagai Seragam Perayaan

Pada acara perayaan, terutama komunitas, organisasi, atau perkumpulan kita juga dapat mendesain kaos sablon dengan tema yang berhubungan dengan acara tersebut. Selain membuat acara semakin meriah, kaos tersebut juga dapat menjadi kenang-kenangan yang berkesan.

5. Sebagai Sarana Persatuan Antar Team/Kelompok

Untuk tim olahraga idealnya memang mengenakan kaos tim dengan sablon logo tim pada saat bertanding. Selain untuk memudahkan kita mengenali tim sendiri di saat kompetisi memakai seragam juga bisa membangkitkan kekompakan dan semangat kebersamaan tim.

Selain fungsi-fungsi diatas, tentu saja dalam pengerjaan kaos sablon diperlukan banyak persiapan, salah satunya adalah penyablonan. Dalam menyablon kaos tentu ada beberapa jenis teknik  sablon yang digunakan untuk menciptakan suatu produk kaos yang unik dan menarik. Dan jenis sablon itu adalah :

1.Sablon Metode Rubber

Sablon rubber ini sering juga disebut juga dengan sablon karet . Hal ini ada alasannya  yaitu karena sablon ini mempunyai sifat menutupi serat kain yang timbul dan hasil sablonnya benar- benar elastis. Tinta pada sablon ini yang sering bahkan banyak digunakan dikarenakan tingkat kepekatannya yang baik serta cocok untuk warna kain gelap. Disamping itu jenis sablon rubber umumnya digunakan untuk sablon dasar sebelum kaos disablon dengan yang lain. Jenis sablon ini memiliki keunggulan yakni awet, dapat disetrika dan untuk segi harnya cukup murah

2. Sablon Metode Pigmen

Jenis sablon ini hanya mampu digunakan untuk penyablonan pada kain yang memiliki warna terang. Sifat pigmen itu layaknya tinta yang bisa meyerap ke dalam serat kain. Sablon pigmen ini tidak disarankan untuk disablon ke warna kain yang gelap karena ujungnya akan kalah dengan kain  berwarna gelap itu sendiri sablonnya.

3. Sablon Metode Plastisol

Daya rekat sablon ini sangat kuat dikarena terbuat dari PVC atau biasanya disebut minyak. Plastisol menjadi satu jenis sablon yang masuk dalam kategori mahal dikarenakan memiliki kelebihan seperti mampu mencetak dot atau raster dengan ukuran sangat kecil.  Dalam pengeringannya, sablon ini membutuhkan suhu 160 derajat celcius jadi harus digunakan alat khusus untuk mengeringkannya.

4. Sablon Metode Glow in The Dark

Karakter identik  dari sablon ini adalah mampu menyala ketika di bawa ke tempat gelap. Jenis sablon ini dibuat dari campuran fosfor dan bahan dasar lainnya berbeda dari sablon biasanya.

5. Sablon Metode Flocking

Umumnya  ada bahan tambahan seperti beludru yang digunakan untuk lapisan supaya menciptakan permukaan timbul yang disatukan dengan perekat tertentu dalam proses penyablonan jenis ini. Terdapat dua jenis bahan yang wajarnya dipakai, kedua  bahan tersebut  yaitu lembaran serta bubuk. Untuk jenis lembaran ada pengkhususan  yakni membutuhkan mesin pres supaya daya rekatnya lebih kuat.

6. Sablon Metode DTG

Kepanjangan DTG adalah Direct to Garment yang merupakan sebuah proses dimana sebuah gambar  akan dicetak langsung kedalam kaos. Itulah yang menjadi pembeda dengan jenis sablon sebelumnya yang mempunyai sifat  manual dalam proses pengerjaannya, sedangkan sablon DTG membutuhkan  ini mesin digital atau printer dalam prosesnya.

7. Sablon Metode Polyflex

Sablon Polyflex ini sedang menjadi topik pembicaraan hangat di komunitas para pengusaha sablon karena konsumen cukup minat dengan sablon ini.  Menurut cara prosesnya sablon ini memiliki 2 jenis penyablonan yakni cutting dan printing.

Proses cutting teknik pengerjaannya memakai mesin cutting untuk membentuk suatu tulisan atau bahkan gambar dengan warna-warna tertentu. Akan tetapi proses cutting ini memiliki kelemahan yakni jika mengerjakan gambar dengan full color atau beraneka gradasi warna tidak akan bisa.   

Proses printing, proses ini selangkah lebih maju daripada proses cutting. Karena dalam prosesnya akan dicetak menggunakan tinta, jadi  jika ingin membuat gambar berwarna bisa menggunakan proses ini.

Proses  keduanya ini dilaksanakan setelah sebelumnya desain ataupun gambar telah disetting di komputer yang sudah terhubung ke mesin tersebut. Langkah berikutnya setelah proses cutting dan printing  yakni penggabungan gambar kepada kaos yang menggunakan mesin pres dengan bersuhu 160 derajat celcius.